DPD Kongres Advokat Indonesia Menyelenggarakan Pendidikan Lanjutan Manajemen Kantor Hukum

DPD Kongres Advokat Indonesia Menyelenggarakan Pendidikan Lanjutan Manajemen Kantor Hukum

Minggu, 17 Desember 2023

 


CITRA JURNALISNEWS.COM

BANDUNG - Dewan Pimpinan Daerah Kongres Advokat Indonesia Jawa Barat menyelenggarakan Pendidikan Lanjutan mengenai Manajemen Kantor Hukum pada tanggal 16 Desember 2023 di Hotel Horison, Bandung, Jawa Barat.


Ada beberapa hal yang menjadi poin-poin penting dalam kegiatan ini, sebanyak 78 peserta yang mengikuti kegiatan ini, mereka sebagian besar berasal dari Jawa Barat, dan selebihnya berasal dari Bengkulu, Surabaya, Balikpapan dan Jakarta;


Selaku Narasumber adalah Adv. Pheo Marojahan Hutabarat (Wakil Presiden Kongres Advokat Indonesia | Founding Partner HHR Lawyers);

Materi terdiri dari 3 sesi (setiap sesi 1,5 jam) yaitu:

1. Advokat

2. 3 Pilar Dasar - Kantor Hukum

3. Kompetisi Pangsa Pasar Jasa Hukum - Access To Legal Market

4. Strategi Manajemen

5. Klien dan Pengelolaan Klien (Client Care Management)

6. Sumber Daya Manusia (SDM)

7. Biaya Jasa Hukum (Legal Fees)

8. Marketing Jasa Hukum;


Dalam sambutannya, Sekretaris Umum Dewan Pimpinan Pusat Kongres Advokat Indonesia Adv. Ibrahim Massidenreng Latif menyampaikan bahwa,"Kongres Advokat Indoneisa saat ini sangat serius menyelenggarakan Pendidikan Lanjutan sebagai tanggung jawab Kongres Advokat Indonesia sebagai Organisasi Advokat. Pada kegiatan kali ini, DPP KAI menyarankan kepada DPD KAI Jawa Barat untuk membuka ini kepada Advokat di luar Kongres Advokat Indonesia serta membuka kesempatan kepada Mahasiswa," paparnya.



Ketua DPD KAI Jawa Barat Adv. Deny M. Ramdhany menyampaikan dalam sambutannya bahwa "kegiatan ini untuk menguatkan kemampuan Anggota Kongres Advokat Indonesia (AdvoKAI) khususnya 25 AdvoKAI Jawa Barat yang baru saja mengambil sumpah dan/atau mengucapkan janji di Pengadilan Tinggi Bandung, sehingga harapannya mereka sudah siap memberikan jasa hukum bagi pencari keadilan, namun kami ingin lebih memastikan anggota kami punya pengetahuan dalam menjalankan profesinya serta mengelola kantor hukumnya," sebutnya.


"Selain itu, kami berharap dengan semakin kuatnya profesionalisme anggota, maka akan berdampak pada pemberian jasa hukum yang lebih baik bagi masyarakat," tuturnya.


"Dalam kesempatan ini, kami juga mengundang Pengadilan Negeri Bandung untuk memaparkan e-Court Mahmakah Agung serta Sekterariat Dewan Pimpinan Pusat Kongres Advokat Indonesia untuk memaparkan e-Lawyer sebagai sistem layanan bagi AdvoKAI."


"KAI adalah organisasi advokat yang telah menyelenggarakan pengelolaan manajemen dan administrasi berbasis digital sejak tahun 2019 sehingga kami berharap kedepan e-Court Mahkamah Agung dan e-Lawyer KAI bisa bersinerrgi, minimal pada validasi keanggotaan yang menjadi wewenang KAI dan Validasi Berita Acara Sumpah yang menjadi wewenang Mahkamah Agung Pengadilan Tinggi." Tambah Adv. Deny.


Adv. Pheo M. Hutabarat dalam sesinya menyampaikan, "literatur mengenai Manajemen Kantor Hukum di Indoenesia itu sangat kurang, karena sebenarnya materi ini adalah "rahasia dapur" setiap kantor hukum, namun saya merasa tidak ada salahnya berbagi pengalaman dan informasi kepada Anggota KAI sebab itu juga menjadi tanggung jawab saya sebagai Profesional yang telah praktik selama 30-an tahun, apalagi saya sebagai Wakil Presiden Kongres Advokat Indonesia, semoga peserta mendapatkan manfaat dalam setiap sesi yang saya paparkan," jelasnya.


Selain itu, Pheo menekankan pada pembangunan sistem pada kantor hukum, karena sistem itu nantinya yang akan menjadi standar bersama antara Partner, Lawyer dan Klien, di HHR Lawyers," pengelolaan yang berbasis individual tidak dirujuk lagi seperti dulu, karena terbukti tidak efektif, banyak kantor hukum saat ini mulai makin menurun layanannya karena karakter indiviudu foundernya atau Partnernya yang dominan, sehingga potensi konflik besar, selain itu apabila foundernya sudah tidak ada maka kantor hukumnya pun berangsur hilang," pungkasnya.


Diakhir acara Sekertaris DPD KAI JABAR, Adv. Aa Jaelani, SH menyampaikan, "Serangkaian acara telah kita lewati bersama . Saya sebagai Sekertaris DPD KAI JABAR  sebagai penyelenggara kegiatan mengucapkan banyak terimakasih kepada bapak Theo  Marojahan Hutabarat selaku pemateri  beliau  telah mentransfer ilmu nya, juga kepada Pak Ibrahim Sekum Kongres Advokat Indonesia sebagai Pemateri yang luar biasa bermanfaat," tuturnya.


"Juga kepada teman-teman adik-adik mahasiswa yang telah ikut berpartisipasi dalam acara Pendidikan Lanjutan dan tidak lupa teman-teman Panitia semua yang terus semangat berjuang untuk terselenggara-nya acara Pendidikan lanjutan, karena tanpa dukungannya dari semua  maka acara besar ini tidak akan berjalan dengan baik. Dan juga kepada Rekan-rekan sejawat, semoga ilmu yang di dapatkan  bermanfaat untuk kita semua," tutupnya.(Rustama/Khoer_Azis)