Pembaretan 100 Anggota Senkom Kab. Subang Di Hutan Cagak

Pembaretan 100 Anggota Senkom Kab. Subang Di Hutan Cagak

Kamis, 24 Agustus 2023


CITRA JURNALISNEWS.COM

SUBANG - Sebanyak 100  peserta dan undangan  Diklat Peningkatan Kapasitas Anggota Senkom Mitra Polri Kab. Subang (DPKAS) tahun 2023 mengikuti  serangkaian kegiatan di Aula dan Outdoor Hutan Tambak Mekar Jalan Cagak, Kab. Subang, Prov. Jawa Barat pada hari Sabtu dan Minggu, (5-6/8/2023).


Menurut Ketua Panitia DPKAS 2023 Kendi Saefulloh , Kegiatan Diklat ini diawali dengan Upacara Pembukaan dan Penyematan pita di Pimpin oleh Ketua Senkom Kab. Subang H. Hendy Mardiana, ST dan malam harinya diadakan renungan, sholat tahajut dan doa lalu dilanjutkan  kegiatan hari kedua merupakan kegiatan pembinaan fisik dan mental. 


"Disini peserta dibagi menjadi 6 peleton dan dilatih fisik serta kekompakan nya dengan menjalani serangkaian kegiatan yang di awali dengan olahraga pemanasan dan senam pagi dibimbing oleh Serka Imam Santoso, Kopda Nyanyang Anwar dan Drs. Agus Samsudin,M.M pd," terang Kendi Saefulloh.


"Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan jalan sehat kerja bakti mengambil sampah mulai dari Tugu Pilar cagak sepanjang jalan hingga depan kantor Polsek jalan Cagak, Kantor Koramil serta sekitar Patung Nanas Cagak sebagai Ikon Kota Subang, diteruskan kegiatan  baris berbaris dipimpin oleh Bripka Nur Holis Majid, Aiptu Diki Hendarsyah dan Aiptu H. Udin Samsudin,"


"Para peserta Diklat ditugaskan untuk menghafalkan Panca Prasetya Senkom Mitra Polri, Menghayati Pancasila  kemudian mereka harus melewati sungai mata air dan melewati hutan bukit tambak mekar dan sepanjang pinggir persawahan sehingga finish di lokasi pembaretan." Ujarnya.


Dokumentasi kegiatan


Dalam Kesempatan ini Ketua Senkom Jawa Barat H.Tito Tosan Batoro dalam sambutannya mengatakan, " Adanya giat peningkatan kapasitas ini bertujuan untuk  membentuk  pembinaan fisik dan mental serta kekompatan sesama anggota Senkom mengikuti jejak perjuangan para pejuang bangsa terdahulu". 


"Seluruh anggota Senkom wajib memiliki 6 sifat luhur Senkom yaitu, Jujur, Amanah, Rukun, Kompak, Kerjasama yang baik dan Kerja efektif-efisien, harapannya ini dapat terbentuk dan terbina sejak awal dengan serangkaian kegiatan outdoor ini", ujarnya lagi.


Dikesempatan yang sama, Ketua Senkom Kab.Subang H. Hendy Mardiana, ST  mengatakan, "Kegiatan Diklat Peningkatan Kapasitas Anggota Senkom mitra Polri  Kab.Subang ini ditutup dengan prosesi pembaretan. Diharapkan para peserta benar-benar bisa merasakan bahwa perjuangan mereka mengikuti kegiatan diklat  ini berhasil dengan mendapatkan baret Senkom. Ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi anggota Senkom", ucapnya.


Ia juga mengatakan, "Senkom Mitra Polri yang memiliki 3 cluster kegiatan yaitu Kamtibmas, Kebencanaan dan Bela Negara tentu harus ditunjang dengan kemampuan fisik dan mental yang baik."


"Mudah-mudahan seluruh peserta Diklat  dapat menyerap berbagi ilmu dan pengalaman dari kegiatan ini sehingga bisa bermanfaat dan diterapkan di wilayah nya masing-masing nantinya", pungkas H. Hendy. 


Liputan : AbdurLines

Redaktur Citrajurnalisnews.com : Khoer Azis