Pembangunan Jalan Baru di Desa Cempakamulya Untuk Kelancaran Akses Masyarakat

Pembangunan Jalan Baru di Desa Cempakamulya Untuk Kelancaran Akses Masyarakat

Minggu, 29 Oktober 2023


CITRA JURNALISNEWS.COM

CIANJUR – Dalam meningkatkan kelancaran akses masyarakat untuk menunjang perekonomian di Desa Cempakamulya, Kecamatan Cempakamulya, Kabupaten Cianjur, Pemerintah Desa (Pemdes) Cempakamukya menggenjot pembangunan infrastruktur.


Berbagai pembangunan yang dibiayai oleh program Dana Desa (DD), yang pemberdayaan nya yang selalu mengutamakan masyarakat desa tersebut melakukan pembangunan jalan baru  berupa pengecoran/betonisasi jalan poros tengah dari arah kampung kubengan ke jalur Puskesmas kecamatan Cempakamulya.


Kegiatan pekerjaan ini dilaksanakan oleh oleh LPM (lembaga pemberdayaan masyarakat) kecamatan Cempakamulya dan masyarakat, baik tingkat RT maupun RW, sehingga pekerjaan pembangunan jalan sangat bermanfaat untuk masyarakat.


"Pembangunan  jalan ini bertujuan agar nantinya akan berfungsi untuk mempermudah akses jalan warga untuk pertanian, memperlancar aktivitas warga dan antar desa. Setelah akses jalannya membaik, maka aktivitas warga pun menjadi lancar. Sebab, akses jalan menjadi faktor penting dalam distribusi hasil pertanian dan menjadi urat nadi perekonomian masyarakat di Desa Cempakamulya," terang SARIP ketua LPM (lembaga pemberdayaan masyarakat) kecamatan Cempakamulya ketika ditemui oleh crew media, Minggu (29/10/2023) pukul 09.30 WIB.


Ketua LPM Cempakamulya, SARIP


Sementara terkait pembangunan infrastruktur, yang menggunakan Dana Desa (DD) tahun 2023 ini, saat ini pihak pemerintah desa cempakamulya memfokuskan pada pembangunan jalan Desa,"Dalam pembangunan jalan baru ini untuk pembebasan lahannya menggunakan swadaya jadi sukarela,  jadi masyarakat di sini semuanya yang terkena akses jalan ini Alhamdulillah bahkan saya juga ikut serta  mendatangi warga-warga yang terkena jalur ini dengan sukarela menyerahkan tanahnya yang terkena untuk akses jalan ini," papar SARIP.


"Karna segala aktivitas masyarakat dalam sektor ekonomi itu tentu membutuhkan pembangunan infrastruktur yang memadai. Salah satunya yakni akses jalan. Keberadaan jalan desa dan jalan lingkungan yang layak tentu akan berdampak pada kelancaran transportasi dan perekonomian khususnya warga desa cempakamulya dan masyarakat pada umumnya." Pungkas SARIP.(Rustama/Khoer Azis)