Pengecoran Jalan di Kp. Gunung Padang Desa Karyamukti, Dengan Anggaran PAD Terbatas Tapi Besar Manfaat-nya

Pengecoran Jalan di Kp. Gunung Padang Desa Karyamukti, Dengan Anggaran PAD Terbatas Tapi Besar Manfaat-nya

Selasa, 31 Oktober 2023

 


CITRA JURNALISNEWS.COM

CIANJUR, Pemerintah Desa Karyamukti merealisasikan kegiatan pembangunan berupa pengecoran jalan desa sepanjang kurang lebih 40 meter yang terletak di Rt.01 Rw.008 Kp. Gunung Padang Dusun Gunung melati, Desa Karyamukti, Kec. Campaka, Kab. Cianjur. Seperti diketahui sebelumnya, kondisi jalan desa tersebut mengalami kerusakan dan berbatu yang membuat pengguna jalan merasa tidak nyaman saat melintasinya.

 

Oleh karena itu perlu dilakukan perbaikan agar aktivitas masyarakat sehari-hari dapat berjalan dengan lancar. Terlebih lagi jalan desa tersebut merupakan salah satu akses menuju ke Tempat Situs Megalitikum Gunung Padang.


Hal itu menandakan bahwa jalan desa tersebut mempunyai fungsi yang teramat vital sebagai penghubung dan dapat menunjang kegiatan perekonomian, pertanian, dan pendidikan khususnya Tempat Wisata Gunung Padang bagi masyarakat sekitar.


Dengan dana yang terbatas (kecil) sekitar Rp. 20 jutaan yang bersumber dari PAD (Pendapatan Asli Desa) tahun 2023, dikerjakan oleh swadaya  masyarakat dengan Penanggung jawab Tokoh setempat Ketua RT Bapak Eful membangun jalan desa yang memiliki lebar 2,5 meter dengan volume kurang lebih 40 meter tersebut dengan cara di rabat beton. 




Cara Betonisasi dipilih karena dinilai lebih cocok dari pada di aspal setelah dipertimbangkan dari berbagai segi. Sudah berjalan 3 hari kerja kegiatan pembangunan jalan desa yang memiliki ketebalan kurang lebih 10 cm pengerjaan dilaksanakan secara swadaya oleh oleh 2 warga Kedusunan. 


Ketika ditemui oleh crew media, Selasa (31/10). Kades Karyamukti, Solihin mengatakan masyarkat setempat setempat sungguh antusias dengan dilaksanakan pengocoran jalan tersebut terbukti pengerjaan dilakukan dengan swadaya warga dengan skema tersebut juga menjadi pemicu dalam meningkatnya swadaya dan partisipasi masyarakat desa yang berada disekitar lokasi pembangunan.


" Dengan dibeton jalan ini warga begitu sangat antusias, walau dengan Anggaran dana PAD yang terbatas akan tetapi dapat dirasakan besar manfaat nya bagi warga setempat," ungkap Kades Solihin.


Kades Solihin berharap semoga pembangunan jalan akan terus berlanjut ditmpat lain di Desa Karyamukti dengan anggaran lebih besar selain bersumber dari anggaran PAD juga dari pemerintah berupa DD (Dana Desa).(Rustama/jaya/Azis)