Benda Peninggalan Belanda Diduga Ranjau Darat Ditemukan Warga Desa Sukamaju Cibeber

Benda Peninggalan Belanda Diduga Ranjau Darat Ditemukan Warga Desa Sukamaju Cibeber

Jumat, 03 November 2023


CITRA JURNALISNEWS.COM

CIANJUR, Pada Kamis siang, (02/11/2023) pukul 14.30 WIB, warga Kampung Babakan Bandung, RT 01/RW 04, Desa Sukamaju, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat geger dengan ditemukannya benda diduga mirip ranjau darat/ granat/mortir.


Pertama kali yang menemukan benda tersebut adalah Saudara Deden (37) dan warga lain (Hendi (50), Dading (46) Ketua RT, Uju (56)) ketika sedang membersihkan sumur. Hal tersebut berdasarkan keterangan ketua RT setempat, Dading.


Diduga Ranjau Darat Peninggalan zaman Belanda


Penemuan benda diduga granat dilaporkan Ketua RT langsung kepada Babinsa Desa Sukamaju Peltu Edwin melalui sambungan telepon dan di tindaklanjuti dengan melaporkan kepada Danramil 0608-03 Cibeber Kapten Inf.MP Siregar juga berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas Aiptu Lubis, Kepala Desa Sukamaju Hendri., S.Ip, yang langsung meluncur ke lokasi untuk pengamanan lokasi tersebut.


Kemudian kejadian tersebut dlaporkan ke Intel Kodim 0608 Cianjur dan berkoordinasi dengan Team Peralatan Angkatan Darat (PAL) Kodim 0608 Cianjur dan langsung di tindaklanjuti oleh team peralatan angkatan Darat (PAL) Kodim 0608 Cianjur dengan melakukan olah tempat kejadian.


Menurut Kepala team PAL Kodim 0608 Cianjur Lettu Cpl. Ade Anwar mengatakan, benda tersebut adalah ranjau darat anti pasukan peninggalan jaman penjajahan Belanda yang kemungkinan sudah berumur ratusan tahun.


Selanjutnya granat tersebut dibawa  ke Kodim 0608 Cianjur untuk diamankan.

(Rustama/khoer_azis)