Dinkes Cianjur Siapkan Konsultasi Khusus Bagi Caleg Dan Bacaleg Yang Depresi Pra Dan Paska Pemilu 2024

Dinkes Cianjur Siapkan Konsultasi Khusus Bagi Caleg Dan Bacaleg Yang Depresi Pra Dan Paska Pemilu 2024

Minggu, 05 November 2023

 


CITRA JURNALISNEWS.COM

CIANJUR, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menyediakan layanan konsultasi khusus pasien bakal calon anggota legislatif (bacaleg) yang mengalami depresi atau gangguan kejiwaan sebelum dan setelah Pemilu 2024 di seluruh puskesmas.


Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur, Yusman Faisal, mengatakan pelayanan khusus tersebut ada di poli rawat jalan di 47 puskesmas di 32 kecamatan di Cianjur.


"47 puskesmas akan memberikan pelayanan konsultasi sebagai upaya antisipasi Pemkab Cianjur dalam kasus gangguan kejiwaan yang dimungkinkan dialami peserta Pemilu 2024 yang gagal dalam pemilihan," pungkasnya.


Yusman menjelaskan, pihaknya menyiapkan konsultasi terutama untuk bacaleg secara psikis ada gangguan kejiwaan akibat gagal terpilih sebagai wakil rakyat. Ketika bacaleg mengalami depresi ringan, cukup dokter di puskesmas yang memberikan penanganan.


Namun bagi bacaleg yang mengalami depresi berat akan dirujuk ke rumah sakit terdekat guna mendapatkan pelayanan yang lebih intensif. Meskipun pihaknya berharap tidak ada bacaleg yang mengalami depresi berat karena gagal terpilih.(jaya)