Ketahanan Pangan Ayam Bertelur Di Desa Munjul

Ketahanan Pangan Ayam Bertelur Di Desa Munjul

Minggu, 05 November 2023

 


CITRA JURNALISNEWS.COM

CIANJUR, "Ayam bertelur baru pagi ini di simpan di kandang ketahanan pangan Desa Munjul, Kec. Cilaku, Kab. Cianjur pembelanjaan ayam ini sudah usia 3 bulan lebih,karna sangat di butuhkan secepatnya bertelor ketika di kelola di kandang,"kata Kepala Desa Yoyo Kuswoyo.


Perawatan vaksin untuk ayam bertelur 3 bulan sekali, dan untuk perawatan vitamin lainnya tergantung kondisi ayam,jika ada yg sakit pada ayam, barulah ada penyuntikan vitamin;"pungkasnya


Ayam bertelur ini bisa memproduksi selama usia 2 (dua) tahun. Tidak hanya itu,setiap obat obatan untuk perawatan juga ada beberapa jenis, ada cairan yg di tetes pada mulut ayam,ada juga jenis vitamin yang di suntik


Kedepannya berharap dengan Ketahanan Pangan ayam bertelur ini menjadi percontohan untuk desa desa lainnya. Selain itu juga ayam bertelur sangat banyak manfaatnya untuk warga Desa Munjul, memudahkan pasokan telur dan meminimalisir harga di pasaran, agar warga desa munjul terbantu.


Kapasitas kandang ayam bertelur ketahanan pangan Desa Munjul mencapai 1000 (seribu) ekor. Dengan bangunan semi permanen,full banjaringan dan alas di cor, selain itu bawahnya yaitu kolam air di manfaatkan untuk pemberdayaan ikan lele.

(Jaya)