MUSDES APBDES PERUBAHAN TA 2023 DAN MUSDES RKPDES TA 2024 DESA PEUTEUYCONDONG KEC. CIBEBER KAB. CIANJUR

MUSDES APBDES PERUBAHAN TA 2023 DAN MUSDES RKPDES TA 2024 DESA PEUTEUYCONDONG KEC. CIBEBER KAB. CIANJUR

Jumat, 17 November 2023

 


CITRA JURNALISNEWS.COM

CIANJUR, Sesuai dengan hasil rapat Praevaluasi APBDes dan sehubungan dengan telah dilaksanakannya rapat pembahasan rancangan APBDes. Kini Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang difasilitasi oleh Pemerintah Desa Peteuycondong mengadakan Musyawarah Desa (Musdes), Pada hari Jumat, (17/11/2023) tepat pada pukul 02.00 Wib yang bertempat di Ruang Aula Kantor Desa Peteuycondong, Kec  Cibeber, Kab. Cianjur terkait dengan Pembahasan, Penetapan Perubahan RKP Desa Tahun 2023 dan Penetapan Rancangan APBDes Tahun Anggaran 2024.


Pada kesempatan ini turut hadir Camat Cibeber (Diwakilkan Sekmat Cibeber), Kapolsek (Diwakilkan),Ketua BPD beserta Anggota, Kades Peteuycondong beserta Perangkat dan Staf Pemerintah Desa Peteuycondong, Ketua Karang Taruna Desa, Para Ketua RT/RW, Para Tokoh, Pendamping Desa, Ketua MUI dan beserta undangan lainnya.


Sambutan Pertama oleh Kades Peteuycondong, Muhammad Ukasah Condre, Bhabinkamtibmas mewakili Kapolsek Cibeber, kemudian Musdes dibuka oleh Camat Cibeber diwakili Sekmat Cibeber selanjutnya Musdes disampaikan oleh Ketua BPD Cibeber


Kades Peteuycondong Muhammad Ukasah Condre, menyampaikan Pembahasan mengenai APBD 2024 tentang permasalahan pembangunan jalan dan instruksi kegiatan Jumat bersih (Jumsih) karena desa Peteuycondong yang berada di jalan protokol, terkait memasuki musim penghujan mengenai waspada penyebaran DBD dengan melaksanakan pencegahan dengan pengadapan (fogging), selanjutnya pembahasan anggaran gempa akan diberikan oleh Bupati awal/ akhir tahun.


Kapolsek Cibeber Kompol Aca Nana Suryadi (diwakili bhabinksntibmas ) menyampaikan terkait permasalahan Keamanan desa dan lakalantas di jalan peteuy condong diharakan  masyarakat proaktif dengan memberikan pertolongan pertama dengan kecepatan/ Aktif-nya informasi dari ketua  RT/RW melalui WA tanggap darurat setiap kejadian seperti gempa, kebakaran dan lainnya cepat ditangani.


Camat Cibeber Indra Sunggara ( Diwakili Sekmat ) APBDes perubahan, rencana kerja desa melalui Musdes adalah agenda menampung aspirasi, Musdes acuan pijakan kades dalam melaksanakan tugas di lapangan. Musdes merupakan Momen musyawarah yang berisi rangkuman aspirasi program desa tahun 2024, program diutamakan yang bener urgen untuk kepentingan masyarakat.


Dalam penggunaan anggaran seperti Dana Desa telah dirumuskan dan diatur penggunaan nya seperti  kenahanan pangan, stating dll. dengan mngedepankan Prinsip Aspek keadilan dan untuk program yang belum terealisasi di harap maklum.


Ketua BPD Dadan, memaparkan, APBDes Tahun Anggaran 2024 disusun sesuai dengan prioritas kegiatan yang telah ditetapkan dalam Peraturan Desa tentang RKPDesa Tahun 2024 serta berdasarkan ketentuan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku. 


Setelah melalui serangkaian dari Pembahasan dalam acara Musyawarah Desa (Musdes) tersebut semua peserta Musdes menyepakati Penetapan Rancangan Perubahan APBDesa Peteuy condong Tahun Anggaran 2024. Untuk memenuhi ketentuan dimaksud sebagaimana telah dibahas dalam musdes, dan terdapat beberapa kegiatan yang ditunda penganggaran dan pelaksanaannya di tahun 2024.(Rustama/Khoer_Azis)