Musrembang Desa Penyusunan Rencana Kerja Desa RKPDESA Cikondang Tahun Anggaran 2024

Musrembang Desa Penyusunan Rencana Kerja Desa RKPDESA Cikondang Tahun Anggaran 2024

Selasa, 07 November 2023

 


CITRA JURNALISNEWS.COM

CIANJUR, Pemerintah Desa Cikondang Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat, melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa oleh pihak kecamatan cibeber, musyawarah perencanaan pembangunan desa yang selanjutnya disingkat Musrenbang ini dilaksanakan pada hari ini Selasa tanggal 7 November tahun 2023 puku 13.00 wib, bertempat di Aula Desa Cikondang.


Musrenbang ini dihadiri oleh Kepala Desa Yana Mulyana, Camat Cibeber Indra Suggara (Perwakilan Kasipem Alba Nurahman), Pendamping Desa Tedi, S.Kom, Babinkamtibmas, Babinsa, Ketua BPD Herman dan Anggota, Perwakilan Perempuan, PKK, Posyandu, Para Ketua Rt dan Rw, Tenaga Pendidik, Para Ketua Kelompok Tani, dan Tokoh alim ulama, dan para perangkat desa Cikondang.


Dalam sambutan Musrenbang dibuka oleh Ketua BPD Herman, kegiatan ini merupakan kegiatan musyawarah tahunan yang dilakukan oleh pemerintah desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) yang disesuaikan dengan arah kebijakan pemerintah desa dalam jangka waktu satu tahun atau satu periode.


"Musrenbang ini melibatkan semua kelompok masyarakat, lembaga kemasyarakatan, pemerintah desa, untuk menyetujui dan menyepakati skala prioritas pembangunan yang akan diajukan untuk tahun selanjutnya. yang mana rencana pembangunan tersebut dibiayayi oleh berbagai sumber dana baik itu ADD, Dana Desa, Pendapatan Asli Desa, Bantuan Provinsi, dan sumber dana lainnya," ungkap Herman.


Kemudian Sambutan Pendamping Desa, Tedy, S.Kom, Dalam sambutan Tedy menerangkan Hasil dari musrenbang tersebut menghasilkan suatu RKPDes tahun 2023 yang nantinya akan dibahas dalam musrenbang tingkat kecamatan untuk tahun 2024.


Tedy Juga  menyampaikan bahwa alur atau tahapan musyawarah ini atas dasar kajian, evaluasi dan analisa Tim penyusun RKPDes yang sudah dibentuk. 


Camat Cibeber, Indra  Suggara melalui  Kasipem Alba Nurahman dalam sambutan nya mengaskan bahwa tahapan ini adalah tahapan penting yang harus dilalui oleh pemerintah desa, "Dalam kesempatan ini saya harapkan sinergitas dari elemen masyarakat dan lembaga desa dengan pemerintah desa karena dengan sinergitas akan menumbuhkan rasa memiliki terhadap desa," terang Alba.


" Rasa memiliki tentunya akan tumbuh harmonisasi yang menjadikan modal kuat dalam menata pemerintahan desa sesuai dengan visi misi kepala desa, saya melihat bahwa di desa Cikondang ini banyak potensi yang layak untuk dikembangkan dengan tujuan meningkatkan perekonomian masyarakat desa Cikondang," Tegasnya


Selanjutnya sambutan dari Kepala Desa Cikondang, Yana Mulyana,"Saya selaku kepala desa sudah menerima hasil pencermatan TIM RKPDes Pembangunan apa yang sudah dilaksanakan, sedang dilaksanakan dan yang tidak bisa dilaksanakan,sebagai evaluasi kami," sebut Yana.


Perlu dipahami oleh semua lapisan masyarakat dan sticholder yang ada di desa Cikondang bahwa selama tiga tahun ini kita anggaran Dana Desa yang bersumber dari APBN sesuai regulasi diprioritaskan untuk penangan pandemi.


Yana Berharap untuk anggaran tahun 2024 nanti mudah mudahan anggaran yang kita terima bisa dimaksimalkan sesuai rencana pemerintah desa, sebagai rujukan dari musren ini adalah 

1. Permendagri 114 tahun 2014 tentang pedoman pembangunan desa

2. Peraturan Menteri PDTT Nomor 21 tahun 2020 tentang pedoman umum pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.


"Dalam peraturan tersebut mengamanatkan bahwa Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) yang telah disusun pada pertengah tahun berjalan dan ditetapkan paling lambat akhir tahun berjalan, saya meyakini capaian pembangunan 2024 akan maksimal, " pungkasnya.


Dalam acara musrenbang tersebut sekretaris desa Cikondang  selaku Tim Penyusun RKPDes 2023 Zenal Abidin dan membacakan dan menetapkan RKPdes 2023.


Dengan Harapan Semua Pihak Musyawarah Rencana Pembangunan Desa Cikondang atau yang biasa disebut musrenbangdes berjalan sesuai rencana dan dapat diterima oleh semua pihak.(Rustama/Khoer_Azis)