Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Di Tingkat Kecamatan Cibeber

Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Di Tingkat Kecamatan Cibeber

Selasa, 14 November 2023

 

Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif  Di Tingkat Kecamatan Cibeber

CITRA JURNALISNEWS.COM

CIANJUR, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Kecamatan Cibeber mengadakan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Pemilihan Legislatif, Presiden dan Wakil Presiden tahun 2024 di Aula Desa Sukamanah Kec. Cibeber, Kab. Cianjur. Selasa (14/11/2023) pukul 08.00 WIB. 


Hadir dalam acara ini Camat Cibeber, Danramil, Kapolsek, Kades Cihaur, Kades Sukamanah, Karang Taruna,  Perwakilan PPK, Perwakilan Partai Politik, Ketua PPS Desa, Ketua Panwascam dan Anggota serta PKD Desa, Para Tokoh Agama, Masyarakat, Pemuda serta Tamu Undangan lainnya 


Camat Cibeber Indra Sunggara dalam sambutannya mengatakan, dijadwalkan pada bulan Pebruari 2024 pemilihan serentak untuk Presiden, Wakil Presiden dan Legislatif (DPR RI, DPRD Propinsi dan Kabupaten). Masa pemilu 2024, Panwalu tingkat Kecamatan sudah dikukuhkan dan terbentuk kepanitiaannya yang diharapkan sudah dapat melaksanakan tupoksinya.


Deklarasi Damai dan Penandatangan Deklarasi dipimpin Camat Cibeber, Indra Sunggara


Camat mengajak agar pemilihan umum nantinya berlangsung jujur dan adil tanpa kecurangan. Kita semua dan warga masyarakat ikut andil dalam pengawan patisipatif dalam mewujudkan Pemilu yang jujur dan adil. Panwaslu kita harapkan profesional tidak diskriminatif sehingga mewujudkan apa yang ingin dicapai.


Danramil Cibeber (Diwakilkan) dan Kapolsek Cibeber (Diwakilkan) serta kami di Muspika Cibeber berharap Pemilu nantinya tetap mengedepankan ketentraman dan ketertiban di masyarakat. Harapan kami menghadapi tahun politik kepentingan politik diharapkan tidak mengganggu ketentraman di masyarakat.


Ketua Panwascam, Asep Tolhah, kegiatan ini bertujuan dalam upaya pencegahan Pelanggaran Pemilu, Penguatan Kelembagaan Dan Masyarakat Dalam Pengawas Partisipatif dan Potensi Pelanggaran Tahapan Pemilu 2024, Papar Ketua Panwascam Kec. Cibeber.


Asep Tolhah menjelaskan dengan adanya kegiatan ini diharapkan sasaran sosialisasi ini dapat disampaikan, dipahami oleh seluruh lapisan masyarakat,"Partisipatif masyarakat dalam mengawasi Pentahapan Pemilu sangat kita harapkan agar Pemilu dapat berjalan jujur dan adil. Yang kita utamakan pencegahan agar tidak terjadi pelanggaran pemilu nantinya. Di tingkat TPS nantinya juga ada pengawas sehingga sangat membantu Pemilu yang Jurdil sehingga pemimpin yang terpilih nantinya menjadi pemimpin yang dicintai masyarakat, katanya," paparnya.


Ia juga menegaskan, peran serta Bpk. Ibu dan masyarakat semua untuk berani melapor ketika ada pelanggaran pemilu sehingga berlangsung pemilu yang bersih. Pelanggaran yang dilaporkan, kepada pengawas diharapkan pelapor mau untuk menjadi bersaksi.


Di akhir kegiatan digelar Deklarasi politik dan ditandatangani oleh seluruh perwakilan anggota partai politik beserta Ketua Panwascam, Camat Cibeber beserta Jajarannya. (Rustama/Khoer_Azis)