Poktan Desa Cimanggu Menerima Bantuan Ternak Domba Dari Pemprov Jawa Barat

Poktan Desa Cimanggu Menerima Bantuan Ternak Domba Dari Pemprov Jawa Barat

Sabtu, 04 November 2023

 


CITRA JURNALISNEWS.COM

CIANJUR, Poktan (Kelompok Tani) Desa Cimanggu Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur Menerima Bantuan Ternak Domba Dari Pemprov Jawa Barat.


Kepala Desa Cimanggu, M. Rohman Budiman mengatakan, bantuan ini sebagai bentuk dari program ketahanan pangan dan bantuan ini merupakan amanat dari   pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas DKPP Prov. Jawa Barat  dengan mengalokasikan anggaran dari dana aspirasi.

 

“Alhamdulillah di tahun 2023 program ketahanan pangan untuk di Desa Cimanggu dari dana aspirasi kita arahkan ke budidaya kambing/ domba,” sebut Kades Cimanggu kepada Crew Media, Sabtu (4/11/2023).



Dengan bantuan dana aspirasi dari Dinas DKPP (Dinas Ketahanan Pangan dan peternakan ) dari Provinsi Jawa Barat bantuan berupa 18 ekor domba dengan rincian 16 ekor domba Betina, 2 ekor domba Jantan.


Pemilihan ternak domba tersebut bukan tanpa alasan. Hal itu disesuaikan dengan dengan karakter di desanya dan ternak domba memiliki peluang yang sangat bagus khususnya di Kecamatan Cibeber umumnya di kabupaten Cianjur .


"Sejauh ini, pihaknya menyerahkan pemeliharaan domba-domba ini diurus oleh Kelompok Tani (Poktan) dengan berjumlah sepuluh anggota," terangnya.


Pada kesempatan tersebut Ketua Poktan Desa Cimanggu, Omin mengatakan, Di samping untuk memberdayakan masyarakat kami, juga nanti ke depan supaya Kecamatan Cibeber tidak memasok lagi atau tidak mengandalkan lagi dari daerah luar Kecamatan Cibeber untuk daging domba.


“Jadi kita ada 10 orang. dengan ketua saya sendiri dengan dibantu oleh sekertaris dan bendahara, dan 7 orang lainnya anggota,” jelas Omin.


Lebih lanjut Omin berharap dengan berbudidaya domba ini semoga bisa meningkatkan perekonomian warga desa Cimanggu. Ia juga berharap,"Dengan mengembangbiakkan domba, kebutuhan daging umumnya di Kec. Cibeber khususnya di desa Cimanggu dapat terpenuhi oleh petani lokal," pungkasnya.


Akhir kata Kades Cimanggu dan ketua Poktan Desa Cimanggu mengucakan terimakasih kepada pihak pihak telah membantu ketahanan pangan ternak domba di Desa Cimanggu khususnya Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas DKPP Provinsi Jawa Barat.(Rustama/Khoer_Azis)