Pembinaan SatLinmas Desa Kanoman Cibeber Tentang Sarana dan Prasarana Kesiapan Dalam Menghadapi Pemilu 2024

Pembinaan SatLinmas Desa Kanoman Cibeber Tentang Sarana dan Prasarana Kesiapan Dalam Menghadapi Pemilu 2024

Senin, 18 Desember 2023


CITRA JURNALISNEWS.COM
CIANJUR - Pemerintah Desa Kanoman, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur melaksanakan kegiatan Pembinaan Satuan Tugas Perlindungan Masyarakat (SatLinmas) terkait Sarana dan Prasarana kesiapan dalam menghadapi Pemilu 2024, bertempat di Aula Desa Kanoman. Senin (18/12/2023) pukul 02.00 WIB.


kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Desa dan Perangkat Desa Kanoman, Satpol PP Kab. Cianjur Bid. Linmas dan Staf, Kasie Trantib dan Personil, Para  Satgas linmas Desa Kanoman, Babinsa, serta Bhabinkamtibmas.


Kepala Desa Kanoman (Surdayat Purnawiraman) membuka kegiatan tersebut dan dalam kesempatan itu beliau menyampaikan dalam menghadapi pesta demokrasi (Pemilu) pada 14 Pebruari 2024 demi amannya pesta demokrasi tersebut Pemdes Kanoman dan menindaklanjuti Permendagri Nomor 11 Tahun 2023 tentang sarana dan prasarana Satlinmas dan Pembinaan SatLinmas.




Kasie Trantib Kec. Cibeber (Encep Kostaram, SIP ) menyampaikan, Hari ini  Trantib Kecamatan Cibeber melaksanakan Sosialisasi Pembinaan SatLinmas tentang Keamanan serta Pengaman Pemilu khususnya TPS.


"Tentang tupoksi Satlinmas dan dalam pengamanan Pemungutan Suara nantinya akan dijaga oleh 2 orang Anggota Satlinmas pada tiap-tiap TPS, sehingga pelaksanaan Pemilu 2024 nanti dapat berjalan aman dan sukses," sebut Kasie. Trantib Kec. Cibeber.


Babinsa Desa Kanoman, (Asep Iman) menyampaikan tentang disiplin anggota Linmas Desa Kanoman , Babinsa menegaskan dimana setiap ada kegiatan/ undangan kedepan-nya agar tepat waktu, minimal 15 menit sebelum acara dimulai sudah hadir.


" Komunikasi antar anggota linmas harus berjalan demi kelancaran tugas linmas dilapangan dalam tupoksi-nya menjaga dan pengamanan TPS, untuk anggota Linmas jaga selalu kesehatan, kompak dan kerjasama yang baik dengan seluruh stakeholder agar tercipta suasana aman, tertib dan aman di seluruh wilayah desa kanoman," tegas Babinsa.


Bhabinkamtibmas Desa Kanoman (Rilpan) menyampaikan terkait pembinaan linmas nanti akan diadakan pelatihan PBB dan Upacara yang sifatnya hanya himbauan.

"Untuk anggota linmas Ronda malam dan keamanan lingkungan harus lebih ditingkatkan jelang pemilu 2024, sekali lagi untuk anggota linmas diharapkan dapat memahami dan dicermati fungsi dan tugas linmas,"


Selanjutnya Ka. Sat PP Kab. Cianjur Bidang Linmas ( Cecep Apandi), pada kesempatan tersebut Cecep Apandi menceritakan tentang asal mula (Sejarah)  terbentuk nya linmas yang sebelum nya bernama Hansip dan memaparkan Peraturan Permendagri tentang Linmas.


Cecep Apandi juga menyampaikan tentang pemberian insentif bagi anggota linmas dan juga bagi anggota Linmas diwajibkan telah memiliki BPJS Ketenaga kerjaan dan kesehatan sesuai dengan program bupati Cianjur serta perubahan/ penggantian seragam linmas.


"Untuk anggota linmas harus rutin selalu berkoordinasi dengan Babinsa dan bhabinkamtibmas terkait masalah keamanan lingkungan  khususnya, umum nya nanti tentang pengamanan Pemilu 2024 di TPS,"


"Selaku Kasatgaslimas adalah kepala Desa, diharap petugas linmas dapat membantu kades segala kegiatan yang ada di desa sehingga program pembangunan didesa dapat berjalan dengan baik dan lancar serta segala kegiatan linmas dilaporkan berkoordinasi Kasatgaslimas,"


"Terkait Pemilu nanti anggota linmas ini nantinya akan bertugas dalam pengamanan TPS, Pendistribusian Kertas Suara serta Pengawasan pelaksanaan Pemilu. Anggota linmas berkoordinasi aktif dengan Panwaslu Desa,"


"Kegiatan ini akan dilaksanakan secara bertahap di beberapa Desa guna memastikan kesiapan semakin solid dan profesional dalam mengemban tugas-tugasnya, serta memberikan perlindungan kepada masyarakat dalam menghadapi pesta demokrasi serentak 2024," pungkasnya.


Kegiatan Pembinaan SatLinmas Desa Kanoman disambut antusias anggota linmas Desa Kanoman dimana diakhir kegiatan diadakan yel yel linmas.(Rustama/Khoer_Azis,)