Desa Cikondang Kecamatan Cibeber Melaksanakan Bimtek Bagi Anggota KPPS

Desa Cikondang Kecamatan Cibeber Melaksanakan Bimtek Bagi Anggota KPPS

Selasa, 30 Januari 2024

 


CITRA JURNALISNEWS.COM

CIANJUR - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Cikondang, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) bagi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Desa Cikondang. Selasa (30/1/2024) pukul 13.00 WIB, bertempat di Aula Desa Cikondang.


Untuk Bimtek di kecamatan Cibeber dibagi menjadi 4 gelombang, yaitu gelombang pertama dimulai hari Sabtu, (27/1/ 2024), Kedua Minggu, (28/1/2024), Ketiga Senin (29/1/2024), keempat Selasa, (30/1/2024) untuk Desa Cikondang masuk Bimtek gelombang keempat.


Kegiatan bimtek dihadiri oleh Kades Cikondang(Yana Mulyana, S.Ap) hadir dalam kegiatan itu Pemateri dari Anggota PPK Kec  Cibeber(Ramlan Gumelar,S.Ip), Ketua PPS Desa Cikondang(Hilman, S.Pd.I), PKD Desa Cikondang(Tedi Firmansyah), Babinsa dan Bhabinkamtibmas.



Adanya aturan batasan usia KPPS mengakibatkan banyak yang sudah terbiasa menjadi KPPS tidak dapat menjadi KPPS di tahun ini, Jumlah anggota KPPS Desa Cikondang yang mengikuti Bimtek sebanyak 119 orang dari 17 TPS.


Kegiatan di buka oleh sambutan Ketua PPS Desa Cikondang, dalam sambutannya ia mengatakan Bimtek ini dilaksanakan sebagai pembekalan bagi anggota KPPS dalam melaksanakan tugasnya waktu pemungutan suara tanggal 14 Februari 2024. Sebagian besar KPPS masih baru dan tahun ini merupakan pengalaman pertama menjadi KPPS yang didominasi anak anak muda.


Ketua PPS menyebutkanMateri yang diberikan dalam bimtek ini, yaitu :
1. Aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (SIREKAP) untuk PEMILU Tahun 2024
2. Contoh Soal Pengisian C-Hasil Pemilu 2024
3. Penulisan Angka Digital
4. Simulasi PUTITUNG untuk Presiden dan Wakil Presiden dan DPRD Kab/Kota.


Penyampaian materi bimtek dari PPK Kecamatan Cibeber, Ramlan Gumelar


Sambutan selanjutnya dari Kades Cikondang dan PKD Desa Cikondang mengucapkan selamat melaksanakan bimbingan teknis, bimtek ini sangat penting  disampaikan mohon masing masing anggota KPPS memperhatikan dengan seksama.


Kemudian penyampaian materi bimtek dari PPK Kecamatan Cibeber, Ramlan Gumelar, dalam penyampaiannya, ia mengatakan untuk Bimtek kali ini di desa Cikondang sangat berbeda, persiapannya cukup baik dan alat peraga begitu lengkap dan hebat.


Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Ketua PPS Desa Cikondang dan kades Cikondang serta perangkatnya serta pihak pihak terkait yang berperan aktif dan membantu terlaksananya kegiatan bimtek ini dengan begitu hebat.


" Dengan bimtek ini, para anggota KPPS nantinya akan diberikan bekal pengetahuan secara teori mengenai tahapan pemungutan suara melalui penyampaian paparan lisan, pemutaran video, dan simulasi", ungkapnya.


Ramlan juga menegaskan, Sebagai penyelenggara pemilu anggota KPPS harus tegak lurus dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku, serta menjalankan tugas dan fungsinya sebagaimana sumpah.


" KPPS sebagai Penyelenggara pemilu diminta tetap menjaga integritas, jujur dan juga netralitas sehingga pada pelaksanaan pemilu 2024 nanti berjalan dengan lancar dan sukses," pungkasnya.(Rustama/Khoer_Azis)