Musdes Penyusunan RKP Desa TA 2024 Desa Sukaraharja Kec. Cibeber

Musdes Penyusunan RKP Desa TA 2024 Desa Sukaraharja Kec. Cibeber

Jumat, 19 Januari 2024


CITRA JURNALISNEWS.COM

CIANJUR - Musdes Penyusunan RKPDes adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan desa pada setiap awal tahun anggaran. Kegiatan ini merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa  (RPJMDes) selama 1 ( satu tahun). 


Musyawarah Desa atau disebut  Musdes RKPDes Tahun 2024 dan DU RPDes Tahun 2024  dilaksanakan Rapat Pemerintah Desa Kertaraharja beserta BPD yang dilaksanakan pada hari Jumat  tanggal (19/1/2024) pukul 14.00 Wib, bertempat di Aula kantor Desa Sukaraharja, Kec. Cibeber, Kab. Cianjur.


Hadir dalam kegiatan tersebut Perwakilan dari Camat Cibeber Sekmat (Dadan), Kasipem Cibeber (Alba), Kades Sukaraharja (Ajuk), Kapolsek Cibeber (Kompol Aca Nana S), Bhabinkamtibmas, Babinsa Desa Sukaraharja, ketua BPD, Pendamping Desa, Ketua Karangtaruna, Ketua Posyandu, Ketua MUI Desa,Para Tokoh, Para Ketua RW dan RT serta Tamu Undangan.


Acara dibuka oleh perwakilan dari Camat Cibeber Sekmat (Dadan), dan sambutan sambutan oleh Kapolsek Cibeber, Kepala Desa Sukaraharja,  dan dilanjutkan dengan penyampaian tim penyusun RKPDes 2024 dan DU RKPDes 2024 serta usulan usulan dari warga desa Sukaraharja.



Sambutan Kapolsek Cibeber (Kompol Aca Nana S), Kapolsek menyampaikan Polri selaku pengawas dalam mengawasi penggunaan anggaran desa polri juga merupan satuan represif dalam penggunaan anggaran bila ada penyimpangan, 


"Kapolsek Berharap dalam pemdes Sukaraharja transparan dalam penggunaan anggaran demi kelancaran pembangunan desa sukaraharja," tegas Kapolsek.


Sambutan Kasipem Kec. Cibeber (Alba), ia mengatakan bahwa dalam penyampaian  usulan usulan RKPDES dengan etik, ia juga menerangkan bahwa ada perbedaan anggaran desa pada tahun 2023 dengan tahun 2024, yaitu terkait alokasi penggunaan dana desa  sesuai dengan keputusan pemerintah yaitu alokasi untuk Permendes sebesar 48% dan alokasi anggaran desa berdasarkan musdes 52%.


"Diharapkan Minggu depan laporan RKPDES sudah masuk kecamatan," sebutnya.


Kemudian sambutan singkat Kades Sukaraharja (Ajuk), kades menuturkan bahwa mengenai penggunaan anggaran desa sukaraharja banyak di alokasikan untuk pembangunan sarana jalan warga seperti hotmix jalan warga.


Acara selesai ditutup dengan do’a bersama  oleh ketua MUI Desa Sukaraharja, selanjutnya penyampaian rencana kerja oleh ketua BPD dan Pendamping desa dan usulan usulan dari warga Desa Sukaraharja.(Rustama/Khoer_Azis)