Pelantikan dan Penandatanganan Pakta Integritas Serentak Calon Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Untuk Pemilu Tahun 2024 Di Kec. Cibeber Kab. Cianjur

Pelantikan dan Penandatanganan Pakta Integritas Serentak Calon Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Untuk Pemilu Tahun 2024 Di Kec. Cibeber Kab. Cianjur

Kamis, 25 Januari 2024

 


CITRA JURNALISNEWS.COM
CIANJUR - Sebanyak 2688 calon KPPS untuk 384 TPS dari 18 Desa di Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, Calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang akan bertugas pada Pemilihan Umum Tahun 2024 mendatang secara serentak resmi dilantik di tiap tiap Desa, secara simbolis acara pelatikan berlangsung di Aula Desa Cihaur Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, Kamis (25/1/2024) pukul 10.00 WIB.


Acara tersebut dihadiri Unsur Forkopimcam Cibeber,Kades Cihaur beserta Perangkat Desa, Ketua Panwascam beserta Anggota, Ketua beserta Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Ketua BPD, PKD, dan Para Calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu Tahun 2024 dan undangan lainnya.


Acara pelantikan secara resmi dibuka oleh Kades Cihaur, Ihsan Kamil. Ia mengatakan, Pemilihan Umum Tahun 2024, merupakan wujud pelaksanaan kedaulatan rakyat untuk lima tahun kedepan, oleh karena itu, penyelenggaraan pemilihan umum tersebut nantinya harus berjalan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.



Pada kesempatan tersebut Ketua PPK Kec. Cibeber, Yudhi Arfan Setiawan. Membacakan sambutan Ketua KPU Pusat selanjutnya Ia mengatakan, setelah bapak ibu dilantik nantinya akan dilaksanakan Bimbingan Teknis, yang akan meningkatkan kemampuan Anggota KPPS sebagai ujung tombak demokrasi di pemilu 2024.


"Disamping itu kami mohon bekerja secara profesional, bekerja dengan integritas dan mengutamakan kepentingan negara dibandingkan kepentingan pribadi. Ucap Yudhi.


"Pada hari ini telah dilantik dan diambil sumpahnya sebanyak  2688 annggota KPPS untuk 384 TPS dari 18 Desa di Kecamatan Cibeber, kami berharap bapak ibu bisa berkoordinasi, bersinergi dan bekerjasama dengan kepala desa dan bawaslu ditingkat desa demi mensukseskan Pemilu 2014 nanti." Pungkasnya.


Pada kesempatan yang sama Ketua Panwascam Cibeber, Asep Tolhah mengucapkan Selamat bagi Para Anggota KPPS dan Selamat Bertugas. Asep Tolhah juga menerangkan sebagai Anggota KPPS harus paham bahwa perannya sebagai penyelenggara pemilihan umum, termasuk Panitia pemungutan suara (PPS) sangatlah penting, oleh karenanya, anggota KPPS harus memiliki integritas dan komitmen dalam menjalankan tugas serta wewenang nya. Ujarnya.


"Kami berharap, kepada anggota pps yang baru dilantik hari ini, supaya dapat bekerja maksimal untuk membantu Bawaslu dan Panitia pemilihan kecamatan (PPK), dalam melaksanakan tahapan demi tahapan pemilu tahun 2024 dan kami ingatkan kepada saudara, untuk dapat bersinergi dengan pemerintah Kecamatan Cibeber, khususnya Pemdes di wilayah kerja masing-masing," tutup Asep Tolhah


Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan Penanaman bibit pohon, hal tersebut sesuai dengan instruksi Ketua KPU Pusat, dimana setiap Calon anggota KPPS membawa satu bibit tanaman dalam rangka Penanaman Penghijauan Program KPU RI.


 
Semangat menjadikan bumi lebih baik dan turut serta menjaga pelestarian lingkungan, berdasarkan instruksi Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar penanaman “pohon demokrasi”. Kegiatan penghijauan ini ialah upaya untuk memulihkan dan memelihara kondisi alam agar dapat terus berproduksi dan berfungsi secara optimal.
(Rustama/Khoer_Azis)