Pelatihan Peningkatan Kapasitas RT/ RW Desa Sukaraharja Kec. Cibeber

Pelatihan Peningkatan Kapasitas RT/ RW Desa Sukaraharja Kec. Cibeber

Rabu, 24 Januari 2024


CITRA JURNALISNEWS.COM

CIANJUR - Pemerintah Desa Sukaraharja gelar kegiatan Peningkatan Kapasitas Ketua RT/RW Desa Sukaraharja, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur. Rabu (24/1/2024) pukul 10.00 WIB.


Sebanyak 41 Ketua RT/RW yang terdiri dari 8 Rukun Warga (RW) dan 33 Rukun Tetangga (RT). Mereka adalah pilihan masyarakat dan dianggap mampu dalam menjalankan fungsi dan tanggung jawab.


Kegiatan ini digelar di Aula Desa Sukaraharja  yang dihadiri Camat Cibeber (Indra Sunggara)beserta jajaran, Kades Sukaraharja (Ajuk) beserta perangkat desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Para Ketua RT/ RW dan Kader Ibu ibu Posyandu serta Tamu undangan lainnya.



Kegiatan dibuka oleh Camat Cibeber, Indra Sunggara, pada kesempatan itu camat cibeber mengenalkan diri kepada warga desa sukaraharja kemudian beliau menerangkan tentang Desa dan UU Desa, dan juga menyebutkan mengenai Pembangunan desa tergantung warganya, 


Selanjutnya camat berharap agar warga desa Sukaraharja terus menjaga kekompakan dan kerukunan antar warga dan kerjasama yang baik dengan Pemerintah desa demi kelancaran pembangunan di desa sukaraharja.


"RT/RW adalah garda terdepan dalam menanggani permasalahan yang ada di wilayahnya dan juga sebagai perpanjangan tangan dari Pemerintah Desa  untuk menyampaikan kepada warganya tentang program  - program pemerintah yang berkaitan dengan pembangunan  fisik  maupun non fisik,"


" Saya berharap agar RT/RW terus menjalin kerjasama yang baik antar sesama pengurus, pengurus dengan warga, serta selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Desa sehingga Desa Sukaraharja semakin lebih Baik lagi," Pungkasnya


Dalam sambutannya kades Sukaraharja, Ajuk mengatakan bahwa Kegiatan ini rutin dilaksanakan tiap tahun, pada kesempatan kali ini kades membahas kesehatan warga sehingga keterlibatan posyandu di tiap RT/ RW  sangat penting.


Kades juga menerangkan, Peningkatan Kapasitas RT/RW ini  bertujuan bagaimana memberikan pelatihan kepada ketua RT/RW agar mengetahui tupoksinya sehingga pelayanan untuk masyarakat baik dan terarah.


Turut hadir narasumber dari unsur pemerintahan Cibeber, seperti Kasipem kecamatan Cibeber (Alba) dan lainnya. (Rustama/Khoer_Azis)