Problem Solving, Kades Sukakerta Bersama Bhabinkamtibmas, Musyawarahkan Dua Warga Yang Bersengketa Terkait Waris

Problem Solving, Kades Sukakerta Bersama Bhabinkamtibmas, Musyawarahkan Dua Warga Yang Bersengketa Terkait Waris

Rabu, 10 Januari 2024


CITRA JURNALISNEWS.COM

CIANJUR - Tugas pokok Bhabinkamtibmas (Pasal 27 Perkap No 3 Tahun 2015) adalah melakukan pembinaan masyarakat, deteksi dini dan mediasi/negosiasi agar tercipta kondisi yang kondusif di desa/kelurahan, Memberikan bimbingan dan petunjuk kepada masyarakat atau komunitas berkaitan dengan permasalahan Kamtibmas dan Pelayanan Polri.


Seperti yang di lakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Cilaku Polres Cianjur Bripka Edisti Klimatdara, SH yang di tugaskan sebagai Bhabinkamtibmas desa Sukakerta melaksanakan kegiatan Problem Solving, terkait permasalahan pembagian harta warisan.


Kegiatan tersebut di mulai pukul 14.00 Wib  yang bertempat di Kantor Desa Sukakerta, Kec. Cilaku, Kab. Cianjur. Rabu (10/1/2024).


Dalam problem solving tersebut Bhabinkamtibmas bersama – sama dengan kepala desa Sukakerta, Rudi Hadiansyah, SE didampingi Sekdes Sukakerta menyelesaikan permasalahan terkait pembagian warisan yang berada di Desa Sukakerta yang mana sebelumnya kedua belah pihak mendapat warisan orangtua nya (Alm. Bpk. Dayat).



Setelah di mediasi oleh bhabinkamtibmas bersama kades serta di beri pemahaman terkait pembagian tanah warisan,


Kedua masyarakat yang bersengketa tersebut yaitu Sdr. Surahman dengan Sdr. Pendi dimana keduanya ada hubungan keluarga yaitu kakak dan adik tetapi berbeda ibu (saudara sebapak) dimana hasil kesepakatan musyawarah yang di peroleh bahwa Sdr. Surahman akan mendapatkan hak nya dari Sdr. Pendi dan kegiatan tersebut berlangsung dengan aman dan lancar,” ucap Bhabinkamtibmas.


Kades Sukakerta mengatakan Dengan adanya Bhabinkamtibmas di desa di harapkan permasalahaan – permasalahan antara warga dapat di selesaikan dengan baik, melalui Program Problem solving oleh Bhabinkamtibmas, sehingga tidak lagi menempuh jalur hukum namun dapat di selesaikan dengan cara kekeluargaan,” Tuturnya.(Rustama/Khoer_Azis)