Desa Kanoman Kecamatan Cibeber Melaksanakan Penyuluhan Persiapan Penjaringan Pembinaan Desa Sadar hukum

Desa Kanoman Kecamatan Cibeber Melaksanakan Penyuluhan Persiapan Penjaringan Pembinaan Desa Sadar hukum

Rabu, 07 Februari 2024


CITRA JURNALISNEWS.COM

CIANJUR - Setda Kabupaten Cianjur khususnya Sub Bagian Bantuan dan Penyuluhan Hukum memiliki agenda Pembinaan Desa Sadar Hukum dalam rangka Persiapan Lomba Desa Sadar Hukum, Desa Kanoman menjadi pilihan untuk mengikuti acara lomba Kadarkum tahun 2025.


Dalam upaya mewujudkan desa sadar hukum Desa Kanoman Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur melaksanakan Penyuluhan Persiapan Penjaringan Pembinaan desa sadar hukum, bertempat di Aula Desa Kanoman, Selasa (6/2/2024).


Hadir dalam kegiatan tersebut Kasipem Kec. Cibeber (Alba) yang mewakili Sekda Bagian Hukum dan Penyuluhan Hukum Kab. Cianjur, dalam keterangan Alba mengatakan, Persiapan Lomba Desa sadar hukum tahun 2025, tahapan tahapan dalam lomba desa sadar hukum ada beberapa kriteria penilaian terkait pelanggaran dan kasus kasus hukum di desa.


"Semoga dalam perlombaan desa sadar hukum nanti tidak ada kasus hukum yang menonjol di desa Kanoman, untuk kecamatan Cibeber sendiri ada 10 desa terakhir desa cibokor yang mengikuti lomba desa sadar hukum, harapannya tahun depan untuk desa Kanoman menjadi juara," sebutnya 


Kemudian Alba meminta bantuan dan dukungan nya dari seluruh elemen warga masyarakat desa kanoman untuk membantu Pjs Desa Kanoman untuk menyukseskan perlombaan desa sadar hukum tahun 2025.


Sambutan PJS Desa Kanoman (Ika Hikmat, SE), Ika mengucapkan terimakasih kepada warga masyarakat desa Kanoman yang telah datang memenuhi undangan ke acara penyuluhan persiapan lomba desa sadar hukum, khususnya para ketua RT dan RW serta Para Tokoh Desa Kanoman.


"Saya baru beberapa hari dilantik menjabat PJS Desa Kanoman, Saya selaku Kades memohon serta dukungannya dalam tugas dan tanggung jawab saya sebagai Kades sehingga kedepannya desa Kanoman menjadi lebih baik.


" Terutama dalam persiapan lomba desa sadar hukum nanti, saya mohon dukungannya kepada seluruh elemen warga masyarakat desa Kanoman agar bisa menjadi juara dan menorehkan prestasi untuk desa Kanoman," pungkasnya.


Kemudian sambutan dari Bhabinkamtibmas Desa Kanoman (Bripka Rilvan) yang mewakili Kapolsek Cibeber, dalam kesempatan tersebut Bhabin membahas tentan narkoba, tawuran, dan kriminalitas di desa Kanoman.


" Tentang kriminal mungkin sulit untuk dihilangkan tapi minimal kita bisa menekan dan mengurangi tindakan krimilitas di desa. Memang sulit tapi itu sesuatu yang tidak mungkin men nol kan krimilitas di desa kanoman itu dimulai dari kesadaran hukum warga nya," tegasnya .


Bhabin juga membahas mengenai lakalantas, bhabin berharap mudah mudahan dengan tertibnya berlalu lintas warga desa Kanoman tidak ada dan kalau bisa jangan ada lakalantas di desa Kanoman.


Sebagai penutup Sekdes Desa kanoman menuturkan bahwa seharus lomba desa sadar hukum dilaksanakan tahun sekarang, akan tetapi dikarenakan kurang nya persiapan, insya Allah  tahun depan desa Kanoman sudah siap.(Rustama/khoer_Azis