Himpaudi Kecamatan Cibeber Cianjur Gelar Simulasi Manasik Haji Di Bris Waterpark

Himpaudi Kecamatan Cibeber Cianjur Gelar Simulasi Manasik Haji Di Bris Waterpark

Kamis, 29 Februari 2024

 


CITRA JURNALISNEWS.COM

CIANJUR – Himpaudi Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur melaksanakan kegiatan simulasi manasik haji dengan mengambil tema "Wujudkan Generasi Berkarakter Islami", dengan peserta anak usia dini (PAUD) sewilayah Kecamatan Cibeber,  Kamis (26/09/2023).


Kegiatan simulasi manasik haji ini diikuti oleh 68 lembaga PAUD se-Kecamatan Cibeber dengan jumlah peserta 1.230 anak dilaksanakan di Bris Waterpark Desa Ciwalen, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur. Acara juga dihadiri oleh Camat Cibeber, Indra Sunggara, unsur Forkopimcam dan Korwil Pendidikan.


Panitia pelaksana sekaligus Ketua Himpaudi Kecamatan Cibeber, Ibu Nenih Nurjanah mengatakan bahwa kegiatan manasik haji bertujuan untuk memperagakan manasik haji bagi anak pelajar usia dini atau PAUD."Kegiatan ini juga sebagai implementasi pendidikan karakter dan untuk menumbuh kembangkan Nilai-nilai agama dan moral yang merupakan salah satu pembelajaran di PAUD", terang Ibu Nenih yang juga bertindak sebagai kepala PAUD Ismahul Amanah di Desa Mayak Kecamatan Cibeber.


Ibu Nenih berharap kepada anak dan orang tua dapat mengenal apa itu manasik haji agar suatu saat nanti anak dan orang tua termotivasi untuk beribadah haji. Kegiatan manasik haji cilik yang diselenggarakan oleh Himpaudi kecamatan Cibeber merupakan program tahunan dalam rangka implementasi pengembangan nilai-nilai agama dan moral anak usia dini.


"Dalam kegiatan ini diharapkan bisa membentuk karakter anak islami ,Sholeh dan Sholehah serta berakhlak, yang mengenal ibadah haji dengan rangkaian yang diketahuinya. Jadi bukan hanya materi saja tapi langsung dipraktekkan melalui manasik haji cilik ini, mari kita kenalkan ibadah Haji agar tertanam di pikiran mereka akan pentingnya melaksanakan ibadah haji," papar Ibu Nenih secara jelas kepada Crew media.


Pada rangkaian manasik haji cilik tersebut, anak-anak terlihat antusias melakukan prosesi manasik haji ini, yang dipandu oleh tim penyelenggara. Meski masih anak anak peserta begitu serius tapi menikmati setiap cara bagaimana melaksanakan ibadah haji yang baik.


Selesai melaksanakan kegiatan anak-anak peserta manasik haji beserta orangtua langsung menikmati suasana kolam renang Bris Waterpark dengan berenang sambil selfi Selfi foto.(Rustama/Khoer_Azis)