Pemkab Cianjur Bangun Desa Sukamanah Cibeber Lewat Program P2WKSS TA 2024

Pemkab Cianjur Bangun Desa Sukamanah Cibeber Lewat Program P2WKSS TA 2024

Kamis, 29 Februari 2024


CITRA JURNALISNEWS.COM

CIANJUR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur memiliki komitmen kuat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa termasuk kaum perempuan melalui Program Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS).


Bupati Cianjur, Herman Suherman melalui Asisten Daerah Satu Bidang Pemerintahan Kabupaten Cianjur dan Kesra, Arief Purnawan, SAP menggelar Rapat Koordinasi Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS), bertempat di Aula Desa Sukamanah, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, Rabu (28/2/2024) pukul 09.00 Wib.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kabag. Kesra Kab. Cianjur, Para kepala OPD se-kab. Cianjur, Para Kepala Bagian Setda kab. Cianjur, Sekertaris TP.PKK Kab. Cianjur, Kabid. P3A, Ketua TP.PKK Kec. Cibeber, Para Kepala OPD Se-Kec. Cibeber ,Kepala Desa Sukamanah ,Ketua TP.PKK Desa Sukamanah, Camat Cibeber, Kepala Puskesmas Cibeber, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Forum Anak, dan Tamu Undangan Lainnya.


Program P2WKSS adalah program yang menggunakan pola pendekatan sektoral yang terkoordinasi berupaya untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan keluarga bagi keluarga yang tergolong rawan sosial ekonominya, dengan upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga guna mencapai taraf hidup yang berkualitas.


Kegiatan P2WKSS ini merupakan inspirasi dan pondisi kuat menjadikan Pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur untuk memberdayakan perempuan Cianjur , yaitu dengan pembinaan program peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat dan sejahtera.


Sambutan pembuka dalam kegiatan itu oleh Kabag Kesra Kab. Cianjur, dilanjutkan sambutan Camat Cibeber kemudian pemaparan tentang Kegiatan Program  P2WKSS oleh Kabid P3K lalu sambutan Kades Sukamanah menyampaikan profil desa sukamanah dan Obyek Kampung Posyandu kegiatan diakhiri oleh sambutan ASDA 1 Kab. Cianjur, Arief Purnawan.



Tahun ini Pemkab. Cianjur menetapkan Desa Sukamanah, Kecamatan Cibeber sebagai lokasi binaan P2WKSS tahun 2024.


Hal ini disampaikan ASDA 1 Bid. Pemerintahan dan kesra Kab. Cianjur, Arief Purnawan pada kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) tahun 2024, di Desa Sukamanah


Arief Purnawan mengatakan, Pemkab Cianjur memiliki komitmen yang kuat untuk meningkatkan perhatian dan kepedulian terhadap pengembangan potensi masyarakat desa termasuk kaum perempuan. Salah satu upayanya adalah P2WKSS untuk meningkatkan kesehatan kesejahteraan keluarga bagi keluarga yang tergolong rawan sosial ekonominya.


“Tahun ini Pemkab Cianjur menetapkan Desa Sukamanah Kecamatan Cibeber menjadi sasaran program P2WKSS, dengan kondisi desa yang cukup luas namun masih ada beberapa rumah yang belum layak huni. 


Arief mengungkapkan, melalui P2WKSS diharapkan masyarakat dapat merubah pola pikir menuju kemajuan. Berbagai langkah perbaikan di seluruh sektor kehidupan pun dilakukan.


“Termasuk meningkatkan kesadaran kaum perempuan agar aktif melibatkan diri dalam pembangunan. Yang pada dasarnya kemajuan kaum perempuan merefleksikan kemajuan daerah,” ungkapnya.


Arief menambahkan, guna mencapai kemajuan tersebut, kaum perempuan di pedesaan seyogyanya diberikan pemahaman untuk meningkatkan peran dan tanggung jawab dalam membentuk keluarga tangguh, sehat, sejahtera dan berkualitas.


“Upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat dilakukan secara berkolaborasi antara perangkat daerah, Tim Penggerak PKK Kabupaten Cianjur dan Kecamatan Cibeber, dunia usaha dan stakeholder pembangunan yang berkompeten,” tandasnya


Arief berharap, melalui program P2WKSS masyarakat Desa Sukamanah akan memiliki akses yang lebih terbuka terhadap kehidupan yang lebih berkualitas khususnya dalam aspek pendidikan, kesehatan, daya beli yang merupakan indikator Indeks Pembangunan Manusia (IPM).


Sebelumnya Kades Sukamanah, Iyus Sutomo menyampaikan secara rinci profil Desa Sukamanah selanjutnya kades mengucapkan, alhamdulillah Desa Sukamanah ditetapkan menjadi lokasi sasaran P2WKSS tahun 2024.


Kades mengajak semua pihak memajukan Desa Sukamanah yang saat ini masuk kategori desa zero stunting.“Tentunya kami berharap melalui P2WKSS, ke depan status Desa Sukamanah menjadi desa maju bahkan menjadi desa mandiri,” ujarnya.


Segala sarana yang dibutuhkan masyarakat dengan program ini akan dibangun, dari mulai infrastruktur, sarana pendidikan, sarana kesehatan, sarana olahraga, sarana ibadah dan yang lainnya.


“Saya berharap sinergi yang baik ini bisa kita pertahankan sebagai kekuatan kita untuk membangun Kabupaten Cianjur  Khususnya ada peningkatan kualitas sumber daya manusia dan kualitas hidup masyarakat Desa Sukamanah,” pungkasnya.(Rustama/Khoer_Azis)