Puskesmas Cibeber Melaksanakan Rakor Penguatan Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi ( P4K )

Puskesmas Cibeber Melaksanakan Rakor Penguatan Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi ( P4K )

Selasa, 20 Februari 2024

 

Kepala Puskesmas Cibeber, Liste Zulhijwati, S.Km. M.Kes. ketika ditemui crew media, Selasa (20/2)

CITRA JURNALISNEWS.COM

CIANJUR - Puskesmas Cibeber Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur telah melaksanakan kegiatan Penguatan P4K pada hari Selasa, (20/2/2024) Bagi Desa Sukamanah. Sasaran kegiatan ini adalah Komponen Masyarakat seperti, Tokoh Masyarakat dan kader Posyandu sewilayah kerja Puskesmas Cibeber dan para ibu hamil. Kegiatan ini juga dihadiri oleh kades Sukamanah Iyus Sutomo serta didampingi oleh Liste Zulhijwati, S.Km. M.Kes selaku Kepala Puskesmas Cibeber.


Menurut Kepala Puskesmas Cibeber, Liste Zulhijwati, S.Km. M.Kes., P4K yaitu Pemeriksaan kehamilan yang dilakukan oleh bidan sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil, suami dan keluarga tentang Kehamilan berisiko; Bahaya kehamilan; Ajakan pada ibu, suami dan keluarga untuk merencanakan persalinan.


Tujuan P4K antara lain Suami, keluarga dan masyarakat paham tentang bahaya persalinan; Adanya rencana persalinan yang aman; Adanya rencana kontrasepsi yang akan di pakai; Adanya dukungan masyarakat, Toma, kader, dukung untuk ikut KB pasca persalinan; Adanya dukungan sukarela dalam persiapan biaya, transportasi, donor darah; Memantapkan kerjasama antara bidan, dukun bayi dan kader. Papar Kepala Puskesmas Cibeber, Liste Zulhijwati, S.Km. M.Kes.(Rustama/Khoer_Azis)