Rapat Pleno Terbuka Hasil Rekapitulasi Perhitungan Suara Pemilu 2024 Tingkat PPK Kecamatan Cibeber

Rapat Pleno Terbuka Hasil Rekapitulasi Perhitungan Suara Pemilu 2024 Tingkat PPK Kecamatan Cibeber

Sabtu, 24 Februari 2024

 


CITRA JURNALISNEWS.COM
Cianjur – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)  Cibeber melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Hasil Rekapitulasi Perhitungan Suara Pemilu 2024 dan Pembacaan hasil perolehan suara sekaligus Penutupan Pleno Terbuka pada Sabtu (24/2/2024) pukul 09.00 WIB di Gudang Logistik PPK Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur.


Rapat Pleno dibuka langsung oleh Ketua PPK Cibeber Yudhi Arfan dan dihadiri Camat Cibeber, Ketua Panwascam, Kapolsek, Danramil, dan PPS se-Kecamatan Cibeber. Hadir pula pada rapat pleno terbuka tersebut para saksi dari masing-masing  Caleg dan parpol peserta pemilu.


Rapat Pleno terbuka dilakukan untuk menghitung jumlah Rekapitulasi Hasil Suara dari seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) Desa se-Kecamatan Cibeber. Jumlah TPS di wilayah Kecamatan Cibeber sebanyak 384 TPS. 


Pada hasil rapat pleno terbuka tersebut diperoleh suara sah pada masing-masing pasangan Capres dan Cawapres, yaitu untuk pasangan 01 sebanyak 24.229 suara (34,1%) , pasangan 02 sebanyak 42.573 suara (60%) , pasangan 03 sebanyak 4159 (5,9%) suara dengan jumlah suara sah sebanyak 70.997 suara.



Selanjut Yudhi Arfan menyampaikan bahwa hasil perhitungan suara tingkat PPK Kecamatan Cibeber sudah berjalan sesuai dengan mekanisme dan aturan KPU. Dalam pelaksanaan rekapitulasi berjalan dengan tertib, sukses dan lancar. Dengan perolehan suara untuk masing-masing pasangan capres dan cawapres, yaitu tertera diatas.


“Hargai dan hormati hasil dari pesta demokrasi ini, kamu PPK dan PPS Kecamatan Cibeber telah bekerja dengan sebaik mungkin dengan teliti, jujur dan bertanggungjawab. Siapapun yang menjadi pemenangnya mari kita dukung karena yang menjadi pemenang sebenarnya adalah seluruh warga masyarakat,” pungkasnya.


Dalam statemennya Ketua Panwascam Kecamatan cibeber, Asep Tolhah mengucapkan rasa  syukurnya atas kelancaran Pemilu 2024 di Kecamatan Cibeber yang berjalan aman  dan kondusif.


“ Paswascam Cibeber dari awal kampanye, pelaksanaan pemungutan suara, sampai saat ini rekapitulasi penghitungan suara, semuanya berjalan lancar dan hasilnya bisa kami terima dengan baik, serta semua saksi juga menerima hasil ini tanpa keberatan”, tuturnya.


Selanjutnya kegiatan diteruskan dengan pembacaan hasil rekapitulasi perolehan suara anggota DPR RI, Perolehan suara DPD, Perolehan suara Caleg DPRD Propinsi dan Kota/ Kabupaten.


Perolehan suara di Kecamatan Cibeber untuk PDIP ternyata tidak berbanding lurus dengan perolehan suara untuk calon presiden yang diusung oleh PDIP, sedangkan untuk suara DPR RI, PDIP mendapat suara terbanyak dibanding partai lainnya, kemudian untuk DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten suara terbanyak dari Partai Kebangkitan Bangsa.


Ada yang sangat mencolok sekali dalam perolehan suara untuk Caleg DPD dimana Komedian Komeng (Alfiansyah Komeng) dengan Nomor Urut 10 mendapat suara terbanyak di Kecamatan Cibeber jauh dari kontestan lainnya, yaitu memperoleh 8302 suara atau 13% dari suara sah.

(Rustama/Khoer_Azis)