Lokakarya Mini Lintas Sektor Bulan Pertama Tahun 2024 UPTD Puskesmas Cibeber

Lokakarya Mini Lintas Sektor Bulan Pertama Tahun 2024 UPTD Puskesmas Cibeber

Kamis, 07 Maret 2024


CITRA JURNALISNEWS.COM

CIANJUR - Puskesmas Cibeber, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur mengadakan lokakarya mini (lokmin) bulan pertama di tahun 2024 yang dilaksanakan di Puskesmas Cibeber, Kamis (7/3/2024).


Kegiatan lokmin ini dihadiri oleh Dinkes Cianjur, Kapus Cibeber, Camat Cibeber, Kapolsek Cibeber (Perwakilan), Danramil Cibeber, Para Kades, Perwakilan Kordik, Posyandu, PKK, dan tamu undangan lainnya. Kegiatan lokmin dimulai pukul 09.00 WIB.


Perlu kita ketahui bersama, Manajemen Puskesmas merupakan suatu rangkaian kegiatan yang bekerja secara sinergik yang meliputi perencanaan, penggerakan pelaksanaan serta pengendalian, pengawasan dan penilaian. 


Penerapan manajemen penggerakan pelaksanaan dalam bentuk forum pertemuan yang dikenal dengan Lokakarya Mini. Tujuan umum Lokakarya Mini Puskesmas adalah untuk meningkatkan fungsi Puskesmas melalui penggalangan kerja sama tim baik lintas program maupun lintas sektor serta terlaksananya kegiatan Puskesmas sesuai dengan perencanaan.


Sedangkan Lokmin bulan pertama ini sangat penting dan menjadi perhatian khusus. Karena lokakarya mini bulanan yang pertama, merupakan lokakarya penggalangan tim diselenggarakan dalam rangka pengorganisasian untuk dapat terlaksananya rencana kegiatan Puskesmas (RPK). Pengorganisasian dilaksanakan sebagai penentuan penanggungjawab dan pelaksana setiap kegiatan serta untuk satuan wilayah kerja.


Kegiatan Lokmin dibuka secara resmi oleh Camat Cibeber, Indra Sunggara dan pada kesempatan tersebut  Camat mengucapkan selamat kepada Puskesmas Cibeber yang telah Ter-Akredasi Paripurna, beliau juga menyebutkan di Kecamatan Cibeber ada 18 desa dan 2 Puskesmas, untuk Puskesmas Cibeber  terdiri dari 11 desa dan untuk Puskesmas Cibaregbeg ada 7 desa.


" Dengan lokmin ini yang dilaksanakan 3 bulan sekali ini dapat berdampak positif terutama bagi pelayanan Puskesmas, kami sebagai bagian dari Forkopimcam berkomitmen akan membantu Program Puskesmas dan membantu permasalahan Puskesmas," terang Indra Sunggara.


Dalam paparannya, Liste Zulhijwati, S.Km. M.Kes., selaku Kepala Puskesmas Cibeber melakukan sosialisasi tata nilai dan tujuan puskesmas, visi misi dan budaya mutu puskesmas. Sebagai tindaklanjut dari lokmin bulan pertama ini, puskesmas akan melaksanakan kegiatan penggalangan komitmen serta pendampingan dalam penyusunan RUK dan RPK oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur.


Definisi Lokakarya Mini sendiri secara umum adalah suatu bentuk forum pertemuan yang merupakan penerapandari manajemen penggerakan pelaksanaan di Puskesmas dengan tujuan untuk meningkatkan fungsi Puskesmas melalui penggalangan kerja sama tim baik lintas program maupun lintas sektor serta terlaksananya kegiatan Puskesmas sesuai dengan perencanaan.


Tujuan khusus Lokakarya Mini adalah :

(1) Menggalang  kerjasama tim secara lintas program maupun lintas sektor, 

(2) memanatu dan mengunfiormasikan hasil kegiatan Puskesmas sesuai dengan perencanaan. 

(3) mengumpulkan data dan fakta atau identifikasi berbagai masalah dan hambatan dalam pelaksanaan kegiatn Puskesmas. 

(4) Mengindentifikasi penyebab masalah serta mengupayakan  pemecahan masalah. (5) monitoring dan evaluasi kegiatan puskesmas dan tersusunnya rencana kerja untuk periode selanjutnya.


Ruang lingkup Keberhasilan pembangunan kesehatan memerlukan keterpaduan baik lintas program maupun lintas sektor. Penyelenggaraan program kesehatan memerlukan dukungan lintas sektor terkait. Oleh karenanya, Puskesmas harus melakukan kerjasama dengan lintas sektor agar diperoleh dukungan dalam pelaksanaan berbagai kegiatannya. 


Salah satu bentuk upaya penggalangan dan pemantauan berbagai kegiatan ini adalah melalui pertemuan, dalam hal ini adalah melalui Lokakarya Mini. 


Pada dasarnya ruang lingkup lokakarya mini meliputi dua hal pokok, yaitu:

a. pada tataran Lintas Program adalah memantau pelaksanaan kegiatan Puskesmas berdasarkan perencanaan dan memecahkan masalah yang dihadapai seta tersusunnya rencana kerja baru. 

b. pada tataran lintas sektor adalah meningkatkan peran serta masyarakat dan dukungan sektor-sektor yang bersangkutan dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan.


Selanjutnya kegiatan Lokakarya Mini dilanjutkan dengan penyampaian permasalahan permasalahan yang ada di Puskesmas Cibeber.



(Rustama/Khoer_Azis)