Gerakan Serentak Intervensi Pencegahan Stunting Di Desa Cikondang Kecamatan Cibeber

Gerakan Serentak Intervensi Pencegahan Stunting Di Desa Cikondang Kecamatan Cibeber

Senin, 03 Juni 2024


CITRAJURNALISNEWS.COM

CIANJUR - Puskesmas Cibeber terus berupaya menekan angka stunting, dan dilakukan secara masif atau menyeluruh dengan melibatkan pejabat lingkup Pemerintah Kecamatan Cibeber, Pemerintahan Desa, Tenaga kesehatan dan Kader kesehatan Desa hingga Dusun/RT/RW (Posyandu) dalam Program Nasional Gerakan Serentak Intervensi Pencegahan Stunting.


Penanganan dan pencegahan stunting dilakukan  bersamaan dengan program Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang rutin dilakukan. Melalui program ini pemerintah dan tenaga kesehatan langsung memantau untuk penanganan dan pencegahan stunting.


"Program Nasional Gerakan serentak Intervensi Pencegahan Stunting rutin dilaksanakan setiap Posyandu yang di kecamatan Cibeber, sesuai arahan Pemerintah bahwa penanganan diprioritaskan bagi ibu hamil, bayi, balita dan anak, dengan pemeriksaan kesehatan dan membagikan makanan sehat seperti susu dan telur," sebut Kepala Puskesmas Cibeber, Liste Zulhijwati Wulan pada saat pelaksanaan Program Nasional Gerakan serentak Intervensi Pencegahan Stunting di Posyandu kampung Hanjawar, Desa Cikondang, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur. Senin, (3/6/2024).


“Program ini rutin dilakukan oleh Puskesmas Cibeber bukan hanya anak-anak, namun lanjut usia (Lansia) juga mendapat pelayanan kesehatan, program ini sangat positif, terlihat dari banyaknya orang tua yang membawa anak-anak untuk ikut Posyandu, sehingga jumlah anak yang memiliki gejala dan terindikasi stunting dapat terdeteksi sedini mungkin, ” ujarnya.


Kepala  Puskesmas Cibeber berharap Kegiatan Program Nasional ini dapat mengurangi atau minimal tidak bertambah jumlah stunting-nya di Kecamatan Cibeber.


Sementara itu Camat Cibeber, Indra Sunggara masih terus memprioritaskan pencegahan stunting dalam Gerakan Nasional Intervensi Serentak Pencegahan Stunting. Kegiatan ini  sebagai upaya menurunkan stunting Intervensi serentak pencegahan stunting di daerah penting dilakukan untuk memastikan semua kelompok sasaran terdata dengan baik dan menerima semua intervensi yang dilakukan sehingga prevalensi stunting dapat diturunkan serendah mungkin.


“Pencegahan stunting diperlukan peran serta aktif dari semua pihak. Sehingga perlu ada koordinasi yang baik dalam pelaksanaannya,” tegasnya.


Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Puskesmas Cibeber (Liste Zulhijwati Wulan) beserta Petugas Kesehatan, Camat Cibeber (Indra Sunggara), Kades Cikondang, Kapolsek Cibeber, Danramil Cibeber, dan Ibu-ibu Posyandu serta Warga Sekitar.(Rustama)